Tips Bijak Dalam Memilih Desain Rumah Yang Efektif

Spread the love

Memilih desain rumah minimalis merupakan suatu hal yang sekarang ini sudah tidak asing lagi, hampir semuanya memilih desain minimalis, hal ini dikarenakan konsepan rumah minimalis merupakan konsepan yang menggunakan desain modern. Selain itu konsepan rumah minimalis harganya cukup terjangkau, dan juga perawatannya yang tidak terlalu membutuhkan perawatan yang besar.

Beberapa Tips Bijak Dalam Memilih Desain Rumah Yang Efektif

Akhir-akhir ini rumah dengan desain minimalis banyak sekali yang minat, sehingga tidak jarang orang yang mau memperhatikan ketika memilih, mereka hanya mengikuti trend yang sedang terjadi di zaman sekarang, padahal ketika kita hendak memilih desain untuk rumah agar terlihat efektif ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya ialah sebagai berikut ;

  1. Perhatikan besarnya lahan rumah

Besarnya lahan rumah merupakan suatu hal yang perlu pertama kali kita perhatikan sebelum menentukan desain rumah yang akan kita buat. Hal ini dikarenakan untuk bisa menyesuaikan dengan desain yang kita buat. Untuk konsepan rumah minimalis sebisa mungkin kita menyisakan sedikit ruang untuk bisa digunakan sebagai taman bermain untuk anak-anak.

  1. Sesuaikan warna tembok dengan warna perabotan

Selain memperhatikan lahan yang ada, kita juga perlu memperhatikan warna tembok dengan warna perabotan yang ada, sebisa mungkin kita memilih warna tembok yang seirama dengan warna-warna perabotan yang ada, dengan begitu ruangan akan terlihat lebih luas karena tidak adanya kesan rame.

  1. Memastikan sirkulasi udara dan cahaya berjalan dengan baik

Konsep dari rumah efektif yang minimalis ialah adanya jendela dan ventilasi yang berfungsi dengan baik. Dimana ventilasi dan jendela ini sangat baik kita perhatikan guna untuk memastikan sirkulasi udara dan cahaya dapat berjalan dengan baik. Akan tetapi dalam pembuatan ventilasi tidak boleh berlebihan karena jika terlalu berlebihan akan berdampak buruk.

  1. Menggunakan motif interior yang sederhana dan dengan kesan kecil

Penggunaan motif pada model rumah minimalis juga sangat berpengaruh, dimana biasanya untuk rumah minimalis menggunakan motif yang lebih sederhana dan juga lebih kecil untuk memberikan kesan yang lebih luas.

  1. Membuat orientasi bukaan mengikuti arah mata angin

Pembuatan orientasi ini sangat bagus untuk bisa mendapatkan ruangan yang luas. Dimana penetapan orientasi pencahayaan yang cocok akan sangat membantu kita dalam mendapatkan rumah yang efektif dan ideal. Dimana orientasi ini sangat bagus juga karena mampu membuat rumah kita tersorot oleh cahaya matahari tanpa harus terasa panas karena sorotan matahari ke dalam bangunan rumah tidak langsung.

Tips Untuk Membangun Desain Rumah Efektif Dan Efisien

Rumah dengan desain yang efektif ialah desain yang dirancang bangun dengan perancangan yang tepat serta bermanfaat secara maksimal. Adapun untuk beberapa tips yang bisa digunakan untuk membangun rumah yang efektif ban efisien diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Menggunakan layout yang sederhana

Penggunaan layout yang sederhana dan tidak berlika-liku untuk bisa menekan adanya pengeluaran yang besar, selain itu kita perlu menghindari pembuatan koridor yang panjang serta lorong-lorong yang gelap.

  1. Menggunakan layout yang open plan

Selain menggunakan layout yang sederhana, kita juga bisa menggunakan layout yang open plan. Layout open plan artinya tidak menyikat ruangan yang ada. Pada konsepan rumah minimalis ini menganjurkan perlunya menyatukan ruangan menjadi satu untuk bisa membuat suatu ruangan besar yang terbuka.

  1. Memilih titik lampu dengan tepat

Pemilihan titik lampu yang tepat sangat berguna untuk memberikan kesan yang baik pada ruangan, jika penempatan lampu bisa dilakukan dengan benar maka kita bisa mendapatkan ruangan yang memiliki tingkat keterangan yang baik untuk mata kita.

  1. Menyesuaikan tinggi plafon dengan tinggi penghuni dan juga musim

Selain memperhatikan letak dari titik lampu, kita juga perlu memperhatikan tinggi plafon dengan iklim dan juga tinggi dari semua penghuni rumah. Apabila sebagian besar penghuni memiliki tinggi yang cukup tinggi maka kita perlu mendesain tinggi plafon lebih tinggi agar rumah tidak terlihat sempit. Akan tetapi kita juga perlu menyesuaikan dengan iklim jika kita berada di dataran tinggi maka kita perlu membuat rumah dengan plafon tidak terlalu tinggi agar memberikan kesan hangat.

  1. Mengatur ukuran pintu dan juga jendela

Untuk konsepan rumah minimalis yang efektif kita sangat dianjurkan untuk membuat segala sesuatunya disesuaikan dengan kebutuhan. Jika kita hendak membuat pintu rumah maka alangkah baiknya jika disesuaikan dengan tinggi dan juga besarnya rumah, karena jika rumah yang kita buat memiliki ukuran yang kecil tetapi dalam pembuatan pintu menggunakan pintu dengan ukuran besar maka hal tersebut akan membuat kesan yang tidak selaras.

  1. Memudahkan renovasi untuk pengembangan

Desain rumah minimalis ini memiliki bentuk yang sederhana sehingga jika menginginkan renovasi rumah tidak terlalu sulit karena kita bisa menyesuaikan dengan batasan-batasan yang sudah ada sebelumnya.

Membangun sebuah murah dengan harga yang terjangkau tetapi tidak murahan sangatlah gampang jika kita bisa mengetahui trik-triknya. Banyak sekali trik yang bisa digunakan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Itulah tadi beberapa informasi penting dan menarik yang bisa kami sampaikan terkait dengan beberapa ide dan trik dalam memilih desain rumah yang efektif dan efisien sehingga tidak ada ruang ataupun alat-alat yang mubazir. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi para pasangan yang hendak membuat rumah, memilih ide rumah minimalis yang efektif adalah salah satu alternatif terbaik karena selain harganya terjangkau juga bisa sangat modern. Selamat mencoba dan semoga berhasil !